Sabtu, 26 April 2014

Webometrics


a. Pengertian Webometrics

      Webometrics digunakan sebagai alat pengukur World Wide Web (www) atau situs web untuk dapat mengetahui jumlah hyperlink, jenis hyperlink, struktur website, dan pola penggunaannya. Definisi dari webometrics adalah "studi tentang aspek-aspek kuantitatif dari konstruksi dan penggunaan sumber daya informasi, struktur dan teknologi pada gambar web melalui pendekatan bibliometrik dan informetric” (Bjorneborn & Ingwersen, 2001).
      Webometrics juga telah diperkenalkan yaitu "studi tentang konten berbasis web dengan metode kuantitatif dengan tujuan utama untuk penelitian ilmu sosial menggunakan teknik yang tidak khusus untuk satu bidang studi" (Thelwall, 2009). Definisi ini mencakup aspek kuantitatif baik dari sisi konstruksi, sisi penggunaan ilmu,dan web yang mencakup empat bidang utama penelitian webometrics.

b. Webometrics Ranking

      Webometrics Ranking of World Universities (WRWU) adalah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) yaitu badan penelitian publik terbesar di Spanyol. CSIC didirikan pada tahun 1939 dari organisasi sebelumnya Junta para la Ampliación de Estudios e Investigaciones Cientificas berdiri pada tahun 1907 di bawah kepemimpinan peraih penghargaan Nobel Spanyol Prof  Ramón Y Cajal.  Kegiatan webometrics yaitu merilis peringkat Universitas di dunia berdasarkan beberapa kriteria yaitu visibility (V) dengan bobot 0.5;  size (S) dengan bobot 0.2;  rich files (R) dengan bobot 0.15;  scholar (Sc) dengan bobot 0.15 yang dirilis tiap 6 bulan sekali ( http://www.webometrics.info/en/Objetive s).

      Semenjak tahun 2004,  webometrics  ranking dipublikasikan dua kali dalam satu tahun. Pengumpulan data-data website dilakukan pada minggu pertama bulan Januari dan Juli, dan selanjutnya akan diumumkan hasilnya pada minggu terakhir pada kedua bulan tersebut (http://www.webometrics.info/index.htm l).

Parameter penilaian Webometrics adalah sebagai berikut (Rizal, 2011):

a) Size (S) 
       Merupakan jumlah halaman dapat diambil dari empat search engine seperti : Google, Yahoo, Live Search, dan Exalead.

b) Visibility (V) 
       Merupakan jumlah total link eksternal unik yang diterima (inlinks) oleh sebuah situs. Link ini hanya dapat diperoleh dengan Google, Yahoo Search, Live Search dan Exalead.

c) Rich Files (R) 
       Merupakan  proses setelah evaluasi relevansinya dengan kegiatan akademik dan publikasi serta mempertimbangkan volume format file yang berbeda. Pilihan format file seperti berikut ini: Adobe Acrobat (*.pdf), Adobe PostScript (*.ps), Microsoft Word (*.doc) dan Microsoft Powerpoint (*.ppt). Data-data ini didapatkan menggunakan Google, Yahoo Search, Live Search dan Exalead.

d) Scholar (Sc) 
      Dapat disebut juga khusus digunakan untuk keperluan akademik jumlah papers dan kutipan  untuk tiap domain akademis.

Hasil dari database ini menunjukkan bahwa bobot uuntuk Visibility adalah 50%(0.5); bobot size adalah 20%(0.2); bobot Rich Files adalah 15%(0.15) dan bobot Scholar adalah 15%(0.15).


Sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar